Perintah” dengan Autolisp

Bookmark and Share


Bagi yang sudah mengenal Program Autocad tentu saja sudah mengetahuii sedikit atau bahkan lebih fungsi dari pada perintah” di dalamnya. Sebagai contoh sederhana “Bila kita ingin membuat sebuah persegi, kita dapat menggunakan perintah line ataupun dengan perintah rectangle. Ada berbagai macam cara untuk mengaktifkan perintah tersebut, Line yaitu dengan mengklik gambar Line pada kolom Draw atau dengan mengetik l atau line dan tekan enter dan untuk rectangle cara untuk mengkatifkan perintahnya pun dengan mengklik gambar rectangle atau dengan mengetik rectangle dan enter.
Adakah cara yang dapat mempermudah mengaktifkan perintah” tersebut? Tentu saja ada, yaitu dengan menggunakan AutoLisp.  Autolisp adalah implementasi bahasa pemrograman LISP (LISt Programing) di Autocad. Autolisp memberikan kemudahan dan fleksibilitas pada pengguna dan pengembang Autocad untuk menuliskan fungsi dan pemograman macro. Makro adalah script yang mengintruksikan komputer untuk melakukan serangkaian perintah.
Jadi bagaimana cara kerja autolips itu untuk mempermudah perintah” di autocad. Sebagai contoh saya akan memberikan script sebagai berikut: (tulis di dalam notped)
(DEFUN s::STARTUP () (COMMAD”PURGE” “ALL”)
(defun c:a () (command “line”))
(defun c:s () (command “circle”))

Sedikit saya jelaskan (defun c:a () (command “line”)) ini berarti apabila kita mengetik a maka akan mengaktifkan perintah line, dan untuk (defun c:s () (command “circle”)) dengan mengetik s maka kita aka mengaktifkan perintah circle.
Dengan script tersebut-pun anda sudah bisa membuat perintah” sendiri dan tidak perlu lagi untuk mencari gambar” perintah. (yang apabila gambar perintah” tersebut tidak ada di layar autocad anda kebingungan mencari-nya). Gunakanlah script itu untuk mempercepat proses pengerjaan dan pasti akan berguna untuk kedepannya.
Cara mengakftifkan program Autolisp di Autocad
  1. Buka program Autocad
  2. masuk ke tools dan klik load application
  3. cari program autolips yang sudah di buat klik dan tekan load.
  4. selanjutnya bisa anda coba apakah bekerja atau tidak program tersebut.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

Popular Posts