Sekilas tentang Standard Primitives 3Ds Max

Bookmark and Share


Standar Primitives merupakan objek yang paling mendasar dan sering digunakan seperti kotak, bola dan silinder. Gambar dibawah ini menunjukan semua objek Standar Primitif.
Standard Primitives

Box
Box
Anda dapat menggunakan box untuk membuat suatu kubus atau-pun kotak-kotak biasa dari setiap lebar, panjang dan ketinggian yang di-inginkan. Box ini biasa digunakan untuk objek gedung-gedung, dinding-dinding, lemari dan objek-objek lainnya yang serupa.
Panjang, lebar dan tinggi nilai segmen menunjukkan berapa banyak polygon yang digunakan. Semakin banyak polygon yang digunakan akan semakin halus benda yang diciptakan. Untuk default-nya hanya satu segmen.

Sphere
Sphere
Sphere merupakan bentuk primitife yang mudah untuk diciptakan, Setelah meng-klik tombol sphere, cukup klik dan drag dalam viewport. Sphere biasa digunakan untuk objek bola, planet, benda-benda angkasa dan objek2 lainnya.
Dalam rollout Parameter, maka nilai Segmen menentukan jumlah poligon yang membentuk bola. Semakin tinggi jumlah segmen, semakin halus bola tersebut. Default nilai dari 32 menghasilkan bola yang halus, dan nilai dari 4 benar-benar menghasilkan bentuk seperti berlian.

Cylinder
Cylinder
Anda bisa menggunakan cylinder dibanyak tempat, misalnya sebagai pilar penyangga rumah, tiang-tiang listrik, ataupun objek-objek lainnya.
Untuk membuatnya, pertama-tama harus menentukan dasar lingkaran dan kemudian ketinggian. Standar sisi cylinder biasanya 18, yang menghasilkan silinder yang halus, Tinggi dan dasarnya menentukan dari pada jumlah polygon yang menentukan nilai segmen tersebut.


Torus
Torus
Torus merupakan sebuah cincin dengan penampang bundar. Untuk membuat Torus anda perlu menentukan nilai kedua jari-jari. Yang pertama adalah menentukan nilai torus ke pusat cincin selanjutnya dengan menentukan besar jari-jari penampang. Torus ini biasa digunakan untuk membuat objek seperti cincin, ban, kue donat dan lain-lain.

Teapot
Teapot
Teapot atau teko yang sering diperdengarkan, mempunyai tempat yang khusus didalam grafis komputer. Dimana pada awal penelitian teko dipilih sebagai model untuk menguji banyak algoritma. Anda juga mengetahui sebagian besar tentang primitife ini, dan kegunaanya di dalam pembentukan objek 3D.


Cone
Cone
Objek Cone sering digunakan untuk membuat es krim ataupun sebuah megaphone. Diciptakan sama seperti objek silinder tetapi sedikit berbeda di kedua jari-jarinya. Untuk membuatnya dengan mengklik dan men-drak untuk menenetukan dasar selanjutnya men-drag untuk menentukan tinggi dan men-drag lagi untuk menentukan kerucut diantara kedua-nya.


GeoSphere
GeoSphere
GeoSphere merupakan sebuah bola yang mempunyai jumlah polygon lebih sedikit dari pada objek Sphere. GoeSphere menggunakan pola segitiga dan bukan persegi yang ada pada Sphere.
Dalam Rollout Parameter ada beberapa jenis GeoSphere termasuk Tetra yang didasarkan pada empat sisi segi empat, Octa didasarkan pada delapan sisi segi delapan dan Icosa didasarkan pada 20 sisi. Setiap jenis mensejajarkan jenis pola segitiga yang berbeda.

Tube
Tube
Objek Tube sangat berguna apabila anda ingin membuat sebuah pipa. Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat cincin yang mempunyai penampang persegi panjang. Objek ini sangat mirip dengan objek Cone dan Cylinder. Yaitu tabung parameter termasuk dua jari-jari untuk bagian dalam dan luar dinding tabung.


Pyramid
Pyramid
Pyramid dibangun dengan dasar empat persegi dan segitiga pada setiap tepinya yang berdiri sehingga bertemu di setiap sisinya. Lebar dan kedalam parameter menentukan dimensi dasar dan menentukan tinggi dari Pyramid tersebut dan anda juga dapat menentukan jumlah segmen untuk masing-masing dimensi.


Plane
Plane
Plane banyak digunakan sebagai sebuah landscape, dengan bentuk yang datar.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

Popular Posts